Senin, 13 November 2017

FACELIFT - OPERASI TARIK WAJAH

Tehnik operasi tarik wajah/ facelift sangat bervariasi dan sering membingungkan. berikut kami informasikan hal2 penting untuk diperhatikan jika berminat melakukan tindakan ini:


1    1.  Tarikan wajah sebaiknya dilakukan pada otot// fascia // lapisan dalam. Jika dilakukan  tarikan hanya pada kulit, maka hasilnya tidak akan bertahan lama. Prosedur2 “tanam benang” yang banyak ditawarkan sering tidak memberikan hasil yang memuaskan dan bersifat hanya sementara. Kulit hanya sebagai “selimut” dan jangan dijadikan faktor “penarik” karena kulit bersifat elastis dan mudah “melar”. Ini yang menjelaskan mengapa banyak facelift/ tarik wajah tidak bertahan lama. Salah satu tanda bahwa tarikan dilakukan hanya pada kulit dapat dilihat lobulus telinga ( daerah anting2) yang ketarik kebawah.
1.     


2. Irisan sebaiknya mengikuti lengkung telinga dan jangan di depan telinga. Jika hanya bersifat garis lurus maka akan nampak jika mengikat rambut.


2.     

3. Bersiap untuk prosedur tambahan jika diperlukan. Sering setelah dilakukan tindakan facelift/tarik wajah, diperlukan penyesuaian untuk kelopak mata, alis mata maupun sedot lemak dagu. Diskusikan dengan dokter bedah plastik anda.

3.      Operasi bedah Plastik bukan untuk menghentikan waktu, tetapi hanya menarik mundur waktu. Detik tetap berjalan / proses penuaan tetap berjalan. Gravitasi akan menarik kembali wajah untuk “jatuh”. Berharap bahwa setelah operasi anda akan tetap muda selamanya adalah kesia2an.

Operasi facelift/tarik wajah dapat dilakukan dengan bius lokal dan pasien bisa langsung pulang setelah selesai tindakan. Atas pertimbangan tertentu, Bedah Plastik anda dapat menyarankan operasi untuk dilakukan dengan bius total.  Bagian wajah yang perlu menjadi perhatian khusus adalah Sudut bibir, Garis Senyum, Pipi dan Dagu (V shape). Koreksi facelift/ tarik wajah sebaiknya memperhitungkan 4 hal ini.


Semoga mencerahkan.
Dr. ferdinand, SpBP-RE



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas masukkannya. Semoga memberikan pencerahan.