Senin, 13 November 2017

HYMENOPLASTY – OPERASI SELAPUT DARA

Hymen rupture/ rusaknya selaput dara secara mayoritas disebabkan oleh trauma. Apapun penyebabnya, rekonstruksi untuk memperbaikinya dapat dilakukan dengan tehnik bedah plastik.
Adapun Tujuan hymenoplasty/operasi selaput dara dalam kacamata bedah plastik adalah:

1    1. Fungsional visual. Mengembalikan bentuk sealami dan semirip mungkin seperti sebelum trauma. Secara psikologis, pasien dapat merasakan adanya perubahan pada daerah genitalnya setelah dilakukan tindakan koreksi.

2    2. Berdarah. Ada anggapan secara umum bahwa malam pertama mesti “berdarah”.  Koreksi bedah plastik dibutuhkan untuk memastikan kejadian “berdarah”  yang memuaskan semua pihak. Tidak semua ruptur/robeknya selaput dara mengakibatkan “ berdarah” tetapi  kejadian tersebut menjadi nilai tambah dalam sistem nilai masyarakat pada umumnya.

3    3. Nyeri. Metode rekonstruksi Plastik memastikan “nyeri” yang tidak dibuat2. Nilai tambah secara psikologis.


4    4. Pemeriksaan sebelum menikah. Pada beberapa institusi, pemeriksaan calon pengantin wanita apakah masih perawan atau tidak menjadi suatu keharusan dan menjadi momok tersendiri. Rekonstruksi mikro Bedah Plastik dapat membantu membuat hasil rekonstruksi sehalus mungkin untuk melewati prosedur screening ini. Dianjurkan minimal 3 bulan sebelum pemeriksaan telah dilakukan tindakan koreksi sehingga hasilnya maksimal.






Keempat tujuan utama koreksi hymenoplasty/ operasi selaput dara tersebut diatas, dapat dicapai dengan tehnik bedah Plastik Mikro. Tindakan operasi dapat dilakukan dengan bius lokal dan langsung dapat melakukan aktifitas sehari2 seperti biasa.
Dianjurkan tindakan koreksi dilakukan sesudah Haid untuk memberikan kesempatan selaput darah sembuh secara optimal.
Potensi Ruptur/ robek ulang dapat terjadi jika penyembuhan terganggu. Penyebab utama terjadinya “robek kembali” adalah Keputihan hebat dan trauma ulang. Koreksi dapat dilakukan pada semua kondisi. Diskusi yang mendalam dengan dokter bedah plastik anda sangat diperlukan.

Semoga mencerahkan.
Dr. ferdinand, SpBP-RE

1 komentar:

  1. Blog yang menarik dan informatif sekali

    Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembuhkan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini.

    Konsultasi Dokter Online Gratis Penyakit Infeksi saluran kemih

    Cara Mengatasi kencing Nanah / Gonore

    CHAT DOKTER

    Cara Merawat Vagina Dari Keputihan

    Tempat Pengobatan Impotensi Di Jakarta

    KLINIK OPERASI SELAPUT DARA

    BalasHapus

Terima kasih atas masukkannya. Semoga memberikan pencerahan.