Minggu, 23 April 2017

MEMANCUNG HIDUNG DENGAN IMPLAN SILIKON


Prosedur memancungkan hidung di Indonesia paling banyak dikerjakan dengan batang silikon/ implant silicone. Mengapa? Karena silikon implan sangat mudah untuk dibentuk, prosedurnya mudah, harganya terjangkau dan hasilnya bertahan lama. Jika suatu waktu anda bosan, bisa dicabut dan hidung anda kembali ke bentuk asal.

Prinsip dasar dari memancungkan hidung adalah dengan memberikan bahan pengisi tambahan. Prosedur yang menggunakan tulang iga, tulang telinga bahkan lemak maupun selaput otot (fascia) memberikan kecacatan/luka baru akibat pengambilan donor/bahan tersebut. Karena adanya luka tambahan, proses pemulihan akan lebih lambat dan “mengganggu jadwal” pasien.

Manakah yang paling bagus..? Tergantung tujuan dan harapan pasien. jika ingin standar Utama, tentu sebaiknya menggunakan bahan yang berasal dari badan sendiri yang tentu saja mempunyai “Syarat dan Ketentuan” yang berlaku. Jika berdasarkan praktis, implan silikon adalah jawabannya. Tetapi coba pikirkan ini,” Jika terjadi sesuatu sehingga perlu dilakukan revisi, manakah yang paling ringkas dan mudah untuk dilakukan..?” Tentu saja jawabannya Implan Silikon.

Untuk Informasi lebih lengkap dan jelas, silahkan diskusikan dengan Bedah Plastik anda. Diskusikan semua keuntungan dan kerugian serta sisi praktis yang perlu dipertimbangkan.

Semoga Mencerahkan.
Dr. Ferdinand, SpBP-RE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas masukkannya. Semoga memberikan pencerahan.