Minggu, 23 April 2017

APA SIH RHINOPLASTY ITU..?



Rhinoplasty adalah semua prosedur bedah yang berkaitan dengan manipulasi bentuk hidung. Bukan hanya sekedar memancungkan hidung, rhinoplasty meliputi semua hal tentang hidung.
Diantara sekian banyak prosedur bedah untuk Rhinoplasty, ada beberapa prosedur yang sangat populer di Indonesia.

1.      Memancungkan hidung.
Prosedur memancungkan hidung dapat dilakukan dengan  menggunakan bahan pengisi. Ada beberapa jenis bahan pengisi: Lemak, filler buatan, selaput otot, tulang rawan, tulang keras (tulang iga) dan batang Silikon (silicone Implant). Batang Silikon adalah yang paling populer karena jika dikerjakan dengan benar memberikan hasil yang indah/bagus serta mudah/simpel.
 


2.      Mengecilkan cuping hidung
Prosedur ini dilakukan untuk mengecilkan cuping hidung baik berdasarkan lingkaran luar cuping, lingkaran dalam cuping maupun lebar cuping. Prosedur yang paling populer adalah mengecilkan lingkaran luar cuping agar cuping hidung nampak lebih segitiga.
 





3.      Membentuk ujung hidung (melancipkan ujung hidung).
Beberapa orang dilahirkan dengan bentuk njung hidung (tip Nose) yang tidak indah. Beberapa diantaranya adalah: terlalu bulat, nampak berbelah/lebar maupun terlalu mendongak ke atas ( hidung stop kontak/ Pat Kai – tokoh siluman babi) atau ke bawah ( hidung nenek sihir/ Mr. Bean). Mayoritas tehnik yang digunakan adalah tehnik manipulasi tulang rawan hidung.

Tehnik2 Rhinoplasty selalu berkembang tetapi prinsip pengerjaannya tetap tidak berubah. Prosedur2 di atas dapat dikerjakan dengan bius lokal maupun bius total. Mayoritas dikerjakan dengan bius lokal karena nyeri operasinya dapat ditoleransi dengan baik. Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan Spesialis Bedah Plastik anda untuk mendapatkan kejelasan informasi lebih lanjut.
Semoga mencerahkan.

Dr. Ferdinand, SpBP-RE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas masukkannya. Semoga memberikan pencerahan.