Minggu, 23 April 2017

SILICONE IMPLANT – HIDUNG MANCUNG



Saran bagi teman2 yang mau menggunakan silicone Implant untuk memancungkan hidung.

1.      Jangan meminta untuk terlalu tinggi atapun terlalu lancip. Jika anda memaksa mengisi balon dengan udara dalam jumlah besar, maka potensi balon untuk meledak amat tinggi. Kasus2 implan yang keluar/ekstrusi, luka diujung hidung yang tidak kering ataupun hidung nampak miring sering diakibatkan oleh implant yang terlalu besar dan lancip. Diskusikan dengan Dokter bedah Plastik anda mengenai implant yang digunakan. Jika anda menginginkan bentuk yang sangat dramatis sedangkan kualitas kulit anda terbatas (kulit tipis, mudah iritasi, tulang rendah/pesek) pertimbangkan untuk membesarkannya secara bertahap dengan jeda 6 bulan.

2.      Pilihlah Implant hidung yang soft atau semi soft. Sering terjadi implant yang keluar/merobek kulit, ujung hidung yang memerah maupun hidung nampak bengkok, diakibatkan oleh implant yang keras. Paling memalukan lagi adalah bila anda mengucek hidung, implant yang keras sering nampak bergerak karena kaku. Nampak implantnya ikut bergerak di antara sudut mata bagian dalam. Embarasssing! Keuntungan dari implant keras adalah mudah untuk diukir/dibentuk serta memberikan kontur/bentuk yang tegas, tetapi juga memiliki kekurangannya.

3.      Perhatikan modal dasar hidung anda sebelum operasi. Jika anda memiliki hidung yang tidak simetris alis miring ke salah satu sisi, lebarnya tidak sama dsb maka implant hidung berpotensi untuk semakin menampakkan asimetris tersebut. Diskusikan secara detail dengan dokter Bedah Plastik anda.

4.      Selera keindahan hidung sangat bersifat subyektif walaupun  pola standar hidung cantik itu ada. Bedah Plastik mempunyai patokan2 dasar hidung cantik itu seperti apa (dasar ilmiah berdasarkan statistik Internasional). Walaupun ada standar, seringkali keinginan pasien bisa sangat berbeda. Diskusikan dengan dokter Bedah Plastik anda agar tidak terjadi kekecewaan setelah melakukan tindakan operasi. Ketidakpuasan sering diakibatkan bukan karena hasilnya jelek, melainkan tidak cocoknya keinginan antara pasien dan standar yang dipakai dokter operator. 

5.      Potensi komplikasi selalu ada walaupun kemungkinannya kecil. Bedah Plastik akan menggunakan semua tehnik terbaiknya untuk menghindari terjadinya  komplikasi akan tetapi persentasi kemungkinan terjadinya komplikasi tidak pernah NOL. Keputusan operasi bedah plastik adalah keputusan dewasa yang mempertimbangkan semua kemungkinan termasuk kemungkinan terburuk. Tubuh manusia tidak seperti ilmu pasti dimana 1 + 1 = 2.  Seringkali yang terjadi adalah 1+ 1 ~ 1,9 s/d 2,1. Kadang bisa 1,9 kadang bisa 2,1. Jarang sekali terjadi persis 2.




Masing2 prosedur mempunyai keuntungan dan kerugiannya. Diskusikan secara terbuka dan blak2an mengenai prosedur yang anda ingin jalani bersama dokter Bedah Plastik anda.

Semoga mencerahkan.
Dr. Ferdinand, SpBP-RE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas masukkannya. Semoga memberikan pencerahan.